Kamis, 07 April 2016

Tugas Bahasa Indonesia 3




Teori 

Teori adalah seperangkat konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang memberikan, menjelaskan, dan memprediksikan phenomena. Ada dua macam teori, yaitu teori intuitif dan teori ilmiah. Teori intutif adalah teori yang dibangun berdasarkan pengalaman praktis. Sedangkan teori ilmiah (teori formal) adalah teori yang dibangun berdasarkan hasil-hasil penelitian.
  Contoh teori :
  1. Contohnya adalah Aleniasi manusia adalah teori yang diungkapkan oleh Karl Marx, tetapi Marxis Komunisme adalah ideologi keseluruhan.
  2. Sebagai contoh, sebuah teori yang diungkapkan oleh Lord Acton bahwa "kekuasaan cenderung dikorupsikan". Dalam hal ini kekuatan dan cakupan korupsi secara abstrak. Kemudian kekuasaan ini dalam lingkup kasus konkret dari presiden, raja, jabatan kepala lingkungan, dll Dan korupsi di bidang beton seperti uang korupsi.

Hubungan Klausa

Hubungan sebab akibat / hubungan kausal ialah hubungan keterkaitan atau ketergantungan dari dua realitas, konsep, gagaasan, ide, atau permsalahan. Suatu kegiatan tidak dapat mengalami suatu akibat tanpa disertai sebab, atau sebaliknya suatu kegiatan tidak dapat menunjukkan suatu sebab bila belum mengalami akibat.

Contoh hubungan kausal  :
Kuberikan sedikit uang disakuku untuk membeli obat, ia menatap wajahku.. Menitikkan air mata lagi.. Ia menangis karena senang mendapatkan uang untuk membeli obat dan makanan untuk adik dan ibunya dirumah.
Beberapa hari kemudian, aku bertemu dengan anak itu bersama ibunya di pasar. Mereka menghampiriku,, memberiku sedikit makanan kecil sebagai ungkapan terima kasih padaku karena telah membantu anak itu beberapa hari yang lalu.

Sumber :

https://andriksupriadi.wordpress.com/2010/04/03/hubungan-kausal/

http://www.pengertianahli.com/2014/04/pengertian-teori-apa-itu-teori.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar